top of page
  • aden sanlano

Mengenal Hackathon, Ajang Penemuan Solusi dan Inovasi!


Istilah Hackathon mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan orang-orang yang memiliki minat dibidang IT, Programming, Teknologi, UI/UX, dan sebagainya.

Hackathon atau yang biasa juga dikenal sebagai Codefest adalah suatu ajang di mana para peserta yang bekerja sama di dalam suatu kelompok ditantang untuk menemukan sebuah solusi akan suatu masalah dan menemukan inovasi-inovasi baru dalam waktu yang terbatas.

Hackathon sendiri merupakan gabungan kata yang terdiri dari kata Hack dan Marathon. Pada umumnya kata "Hack" memiliki konotasi negatif sebagai tindakan peretasan, namun kata hack yang dimaksud adalah dalam artian pemrograman yang memiliki arti eksplorasi.

Hackathon tidak hanya diikuti oleh Programmer. Namun ajang ini juga diikuti oleh Graphic Designer, Business Analyst, Researcher, dan juga Project Manager.


Di bawah ini kami sudah mengumpulkan beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengikuti Hackathon:


1. Melatih kemampuan bekerja sama

Hackathon jarang hanya diikuti satu orang. Mayoritas ajang hackathon meminta peserta untuk membentuk sebuah tim, setidaknya terdiri atas dua orang atau tiga orang. Di sini Anda dapat berlatih bagaimana membagi tugas, bagaimana mengatur strategi, dan kelompok Anda juga akan dilatih bersama-sama untuk menghadapi berbagai tekanan yang muncul saat waktu akan segera habis. Jadi bisa disimpulkan bahwa hackathon dapat menjadi ajang yang sangat cocok bagi Anda yang ingin melatih kemampuan bekerja sama.


2. Melatih kemampuan manajemen waktu

Batasan waktu yang diberikan dalam suatu hackathon biasanya adalah 24 jam atau 48 jam. Dalam jangka waktu yang amat sangat terbatas ini, Anda bersama kelompok harus bisa menyelesaikan masalah yang ada agar dapat maju ke tahap selanjutnya. Di sini Anda dapat belajar bagaimana mengatur waktu dengan menentukan tugas mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu dalam jangka waktu yang memungkinkan dan tugas-tugas lain juga dapat selesai tepat pada waktunya.

3. Melatih kemampuan public speaking


Pada tahap akhir hackathon, biasanya Anda akan diminta untuk mempresentasikan hasil pekerjaan Anda bersama kelompok. Dengan maju dan tampil di depan panggung, Anda dapat memanfaatkan momentum ini sebagai kesempatan untuk melatih kemampuan Anda berbicara di depan umum.


4. Memperluas jaringan

Hackathon merupakan kesempatan Anda untuk berkenalan orang lain yang memiliki minat yang sama dan rasa peduli terhadap teknologi yang sama. Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja dan berkolaborasi dalam proyek dengan mereka.


5. Meningkatkan peluang untuk direkrut perusahaan

Sering kali Hackathon dijadikan sebagai sarana pencarian bakat. Para perekrut biasanya memanfaatkan kesempatan ini untuk melihat cara Anda bekerja, mengatur strategi, mengendalikan situasi, serta seberapa produktif Anda dalam sebuah tim.


Teruntuk Anda yang tertarik dengan ajang ini, Techconnect sedang menggelar Techconnect hackathon dengan dua kategori berbeda, “Bug Bounty” dan “Innovation Your Way!”. Segera kunjungi website https://hackathon.techconnect.co.id/



35 views0 comments
bottom of page